Telecenter Joko Samudro Gresik Alamat Desa Karangsemanding Kec. Balongpanggang Kab. Gresik Telp. 0317922620 [ Pusat Layanan Masyarakat Berbasis Internet ]

Sabtu, 13 September 2014

KWARTIR PRAMUKA BALONGPANGGANG GELAR PAWAI DAMAR KURUNG

GRESIK – Peringatan Hari Pramuka ke – 53, diperingati ratusan pelajar pramuka siaga (SD),  penggalang (SMP), penegak (SMA) dengan Pawai Damar Kurung, Sabtu Malam (14/9/14). Dengan membawa berbagai macam bentuk Damar Kurung seperti bintang, tunas kelapa ataupun ikan, mereka berjalan di sepanjang jalan Bumi Perkemahan Desa Tenggor, start dari Lapangan Bumper Tenggor – menuju jalan desa Tenggor dan Finish di Bumper Tenggor kembali.
Diawali dengan penampilan gugus depan pramuka dari SD/MI, dilanjutkan dari SMP/MTs dan SMA/ SMK/MA. Tiap gugus ada 12 angota pramuka, dengan total peserta malam itu ada 880 pramuka.  Sambil menyanyikan hymne-hymne pramuka dan yel-yel yang lain, ratusan pramuka ini tampak semangat sekali mengikuti pawai Damar Kurung. Pawai ini merupakan puncak dari rangkaian acara dari Perkemahan Besar tahun 2014 yang di selenggarakan pada 12-14 September 2014.
Sulaiaman (30), salah satu panitia penyelenggara yang di wawancarai oleh Telecenter Joko Samudro mengatakan, "Setiap tahun kami berusaha berinovasi dalam menyelenggarakan Perkemahan di tingkat Ranting. Untuk tahun ini kami mengangkat tema pelestarian budaya Gresik, yakni Damar Kurung. Mudah-mudahan pramuka di Kwartir Balongpanggang bias lebih baik," kata lelaki yang akrab di panggil Kak Sule ini.
Pawai damar kurung ini, dihadiri langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik , Moh. Nadlif, yang sekaligus mewakili Bapak Bupati Gresik. Dan juga di hadiri Muspika Kecamatan Balongpanggang, dengan didampingi para kakak –kakak pembina pramuka dari Kwartir Ranting Pramuka. Dalam sambutan singkatnya ia mengatakan, pramuka merupakan sebuah gerakan untuk mendidik anggotanya menjadi pribadi yang cinta tanah air dan suka menolong. “Dengan pramuka saya berharap bisa menggerakkan jiwa-jiwa muda untuk selalu berkarya pada Gresik khususnya," ujar Moh. Nadlif.
Ia juga berharap pramuka kembali direvitalisasi agar ke depan bisa lebih berdaya guna. "Perkemahan di Kwartir Balongpanggang kali ini merupakan perkemahan terbesar tingkat Ranting di wilayah Kabupaten Gresik. Karena pesertanya mencapai 880 pramuka, jauh melebihi  peserta yang ada di Kwartir-kwartir di Kecamatan lain. Dan layak di sejajarkan dengan perkemahan tingkat Kwarcab.” Pungkas Moh. Nadlif. (TCJS)


0 komentar:

Posting Komentar